Bahaya Doomscrolling Saat Arus Informasi Tak Terkendali

cpzlab.com – Admin akan membahas Bahaya Droomscrolling Saat Arus Informasi Tak Terkendali mungkin menjadi suatu masalah bagi kita, karena akhir-akhir ini sering muncul. Tentu kita perlu mengantisipasi atau mencegah terjadinya Doomscrolling.

Sebelum pada intinya, Doomscrolling atau Doomsurfing merupakan suatu bentuk sikap yang menghabiskan banyak waktu untuk menyerap berita-berita negatif. Jika berlebihan maka akan mengakibatkan respon psikofisiologis yang berbahaya.

Doomscrolling muncul secara bersamaan dengan informasi yang semakin tak terkendali. Karena sebagai pengguna internet, tentu diberikan akses untuk mencari berita apa saja hanya dengan menggunakan ponsel.

Dampak Doomscrolling Bagi Kesehatan Mental

Pandemi covid memang tak kunjung usai sejak dari tahun lalu, yang membuat fenomena doomscrolling atau doomsurfing meningkat. Tentu sangat berbahaya bagi kesehatan, karena terus-menerus menyerap berit-berita negatif.

Kecenderungan munculnya fenomena doomscrolling terjadi karena kebanyakan orang berfikir bahwa semakin banyak berita yang didapat, maka akan membuatnya lebih aman karena bisa mewapadai hal buruk yang menimpa.

Padahal nyatanya tidak seperti itu, karena kebiasaan membaca berita negatif bisa menyebabkan kecemasan, ketakutan, hingga munculnya perasaan tertekan. Hal ini tentu bisa mengganggu kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: Cara Mengubah File Microsoft Word Ke PDF

Cara Mengatasi Doomscrolling

Dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi fenomena doomscrolling yang bisa kita terapkan, atau untuk mencegah terjadinya fenomena doomscrolling.

1. Memilah informasi sebelum membaca

Selain menghindari berita hoax, membaca berita yang positif dan menyenangkan tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan mental. Maka memilah informasi sebelum membaca berita juga sangatlah penting agar terhindar dari kebiasaan doomscrolling.

Selain itu, kita juga bisa memblokir kata kunci yang kiranya menjadi dampak buruk bagi kesehatan mental. Supaya tidak lagi menemukan berita-berita buruk yang muncul di media sosial atau berita.

2. Membatasi waktu penggunaan media sosial

Mengetahui berita terkini di media sosial merupakan suatu hal yang baik, namun apabila menggunakannya secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu perlu kita batasi penggunaan media sosial.

Jika biasanya menggunakan media sosial selama berjam-jam dalam satu hari untuk melihat berita-berita buruk, maka harus mengurangi atau membatasi kegiatan tersebut. Misalnya hanya membuka media sosial atau berita dalam beberapa menit saja.

3. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Daripada terus menerus mencari berita-berita buruk, maka akan lebih baik jika kita melakukan hal yang positif untuk menghindari kegiatan doomscrolling, yang tentunya berdampak baik bagi kehidupan kita.

KIta bisa melakukannya dengan cara menghabiskan waktu dengan melakukan hobi atau mencoba hal baru seperti berkumpul dengan keluarga, memasak, bermain, ataupun menonton film kesukaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Bahaya Doomscrolling Saat Arus Informasi Tak Terkendali yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua khususnya bagi kalian yang sedang mencari informasi ini.

Gallery for Bahaya Doomscrolling Saat Arus Informasi Tak Terkendali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *