18 Aplikasi Edit Video PC Gratis 2021

cpzlab.com– Hallo sobat semua bertemu kembali dengan admin yang akan mmberikan informasi mengenai 18 aplikasi edit video PC yang gratis 2021.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa saat ini banyak sekali konten yang dibuat menjadi sebuah video. Baik itu para anak muda kreatif hingga para pejabat yang duduk di kursi pemerintahan sudah mulai membuat konten berupa video. Oleh karena itu butuh aplikasi edit video PC.

Ya, untuk membuat video yang berkualitas memang diperlukan penyuntingan melalui komputer dibandingkan HP. Kapasitas penyimpanan yang sangat besar membuat penyuntingan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Begitu juga dengan ruang geraknya.

Di dunia ini ada banyak sekali aplikasi edit video PC yang bisa kamu gunakan untuk membuat video yang memukau. Ya, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan memanjakan dan menggoda untuk menggunakannya. Ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan loh!

Daftar Aplikasi edit video PC

Penasaran apa saja aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mengedit video? Tenang saja, di bawah ini sudah ada 18 aplikasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

Daftar Aplikasi Edit Video PC Terbaik Tanpa Watermark

1.OpenShot

Pertama ada OpenShot yang merupakan salah satu aplikasi yang sederhana. Ya, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula karena fiturnya yang tak terlalu banyak. Dengan aplikasi ini kamu bisa memotong video, efek audio, transisi, dan lainnya.

Namun, kendati sederhana OpenShot bisa digunakan untuk menambahkan banyak klip audio maupun video. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan dengan bebas secara gratis tanpa adanya biaya apa pun.

Akan tetapi, karena aplikasi editor ini berasal dari sumber terbuka maka untuk perbaikan bug atau masalah lain harus kamu lakukan sendiri. Kemudian, untuk menggunakan berbagai jenis efek yang lengkap harus tambah sendiri.

Sony Vegas Pro

2. Windows Movie Maker

Baca juga:

Selanjutnya ada Windows Movie Maker yang merupakan salah satu aplikasi edit video PC yang cukup populer di kalangan konten kreator. Aplikasi yang satu ini sudah sejak lama digunakan oleh para kreator. Aplikasi ini berisi banyak fitur yang menarik sehingga banyak disukai.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan seperti efek, transisi, narasi garis waktu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi ini juga memiliki antar muka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan oleh para pemula sekalipun.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa aplikasi ini sudah dihentikan oleh Microsoft sehingga tidak bisa kamu unduh melalui situs resminya. Harus melewati situs pihak ketiga dan harus yang terpercaya agar tidak mengandung virus.

3. Sony Vegas Pro

Bagi Anda yang sudah memiliki skill untuk melakukan edit video lebih profesional maka Sony Vegas Pro bisa jadi pilihan terbaik. Aplikasi yang satu ini dirilis langsung oleh Sony yang merupakan brand ternama di bidang multimedia.

Aplikasi ini memiliki alat yang sangat kompleks sehingga butuh dipelajari lebih lanjut. Untuk yang tak terbiasa menggunakannya mungkin akan bingung karena banyaknya tools yang disediakan.

Fitur yang paling disukai oleh para pengguna Sony Vegas Pro ini adalah animasi yang sudah tersedia di dalamnya dan tinggal pakai saja. Kamu tak perlu membuat animasi sendiri karena semuanya tersedia lengkap.

Tapi perlu diingat bahwa aplikasi yang satu ini hanya bisa digunakan jika kamu mempunyai lisensi. Jadi, ada uang yang harus dikeluarkan untuk menggunakannya. Tapi, jika dipikir-pikir uang itu sebanding dengan fitur-nya yang lengkap loh!

4. AVS Video Editor

Untuk Anda yang memiliki laptop yang spesifikasinya tak terlalu tinggi maka cocok sekali menggunakan aplikasi edit video PC. Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran yang tidak besar dan juga memiliki tampilan yang sangat sederhana.

Anda yang pemula pasti langsung bisa menggunakannya. Walaupun aplikasinya kecil, kamu bisa menggunakannya untuk membuat video yang beresolusi tinggi loh. Dengan ini video kamu akan sangat digemari oleh masyarakat yang melihatnya.

Untuk fitur yang ditawarkan itu sangat bermacan-macam. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat video, menggabungkan video, memotong video, dan juga menggunakan lebih dari 300 efek transisinya.

5. VirtualDub

VirtualDub

Sebagai seorang pemula yang juga memiliki spesifikasi laptop yang tak terlalu tinggi, VirtualDub bisa jadi pilihan loh. Aplikasi yang digunakan untuk mengedit video ini memiliki ukuran yang ringan dengan antar muka yang sangat simpel.

VirtualDub sendiri merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk kamu para pengguna Windows. Untuk fiturnya juga cukup lengkap untuk sekelas aplikasi yang sangat sederhana ini. Kamu bisa mengedit video dengan gratis dan sepuasnya.

Untuk fitur andalan dari aplikasi ini adalah perekam layar di mana kamu bisa merekam layar saat menggunakan laptop. Fitur yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang suka membuat konten tutorial, game, dan lain sebagainya.

6. Carel Video Studio

Siapa sih yang tak kenal dengan Corel? Brand aplikasi yang berkecimpung di dunia multimedia ini memang sangat disukai oleh masyarakat. Salah satu produknya adalah Corel Video Studio yang laris manis di pasaran.

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang sangat lengkap seperti freeze frame, hardware acceleration, hingga clear audio. Ya, aplikasi ini memang diandalkan sekali untuk membuat video dengan audio yang jernih.

Audio dalam video bisa diedit sejernih mungkin sehingga orang yang menonton video juga tak salah paham. Akan tetapi perlu diingat bahwa untuk menggunakan produk dari Corel harus memiliki lisensi. Artinya aplikasi ini tidak disediakan secara gratis.

7. VSDC Free Video Editor

aplikasi edit video pc dan laptop

Dari nama aplikasinya pasti kamu sudah bisa menebak kalau fitur yang disediakan itu gratis. Ya free artinya gratis. VSDC Free Video Editor adalah aplikasi edit video PC yang sangat bagus dilihat dari desain dan penataan alatnya. Ya, jika dilihat seperti aplikasi profesional.

Walaupun gratis, aplikasi ini memang dirancang terlihat profesional namun juga ramah untuk para pemula. Sebagai profesional pasti sudah langsung bisa memakainya. Bagi pemula mungkin butuh waktu untuk bisa jago menggunakannya.

Aplikasi yang satu ini lebih banyak digemari karena gratis dan lengkap. Dari pertama melihat halaman utamanya pasti kamu langsung jatuh cinta.

Baca juga: HP Vivo Terbaru 2021 dan Harganya

8. HitFilm Express

Untuk aplikasi edit video PC yang ketujuh ada HitFilm Express. Seperti namanya, aplikasi ini dirancang untuk pengeditan video dengan cara yang cepat. Jadi, kamu bisa mengedit video dalam waktu yang singkat saja.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sangat mudah dipahami dengan interface yang sangat sederhana. Namun, walaupun terlihat sederhana aplikasi ini memiliki desain yang sangat keren dibandingkan aplikasi yang ringan lainnya.

Aplikasi HitFilm Express ini menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh pemula sekaligus oleh para profesional. Untuk profesional disarankan untuk berlangganan karena fiturnya semakin lengkap.

9. Lightworks

Sebagai seorang pemula dalam bidang editing video, Lightworks menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Aplikasi yang satu ini diberikan kepada setiap orang yang membutuhkan secara gratis tanpa bayar sepeser pun.

Namun, jika dilihat dari antar mukanya tidak kelihatan jika ini adalah aplikasi edit video PC yang gratis. Pasalnya, tampilan halaman pertamanya sangat luar biasa. Belum lagi dengan penataan beberapa alat penyunting video itu sendiri.

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap misalnya seperti; Media, preview, efek, dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa membuat suatu video yang keren tanpa harus keluar uang. Lightworks ini cocok untuk pemula dan juga profesional.

10. Blender

Blender menjadi salah satu aplikasi edit video PC yang bisa digunakan oleh pemula khususnya yang masih belajar. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang cukup dasar sehingga sangat mudah untuk dipelajari.

Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan seperti audio mixing, live preview, scrubbing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tools-nya terletak di tempat yang sangat mudah dilihat.

Antar muka aplikasi ini juga sangat terlihat keren apalagi dengan perpaduan warna hitam gelap dan biru yang segar. Aplikasi ini terlihat seperti aplikasi profesional namun dengan fitur yang lebih terbatas.

11. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector juga sangat direkomendasikan untuk digunakan mengedit video yang lumayan profesional. Ya, ukuran aplikasi ini tak terlalu berat oleh karena itu interface-nya juga sangat ringan. Tapi, ringannya malah membuat kinerja aplikasi jadi lebih lancar.

Untuk aplikasi yang satu ini cocok untuk kamu yang masih belajar mengedit video. Alat-alat yang ditawarkan ditempatkan di tempat yang sangat mudah dilihat dan juga mudah dipahami.

Kualitas yang dihasilkan pun juga tak kalah dengan aplikasi profesional lainnya. Kamu bisa memulainya dengan membuat video sederhana. Jika sudah terbiasa maka alat-alat yang ada di sana akan sangat mudah dan cepat untuk dikuasai.

12. Avidemux

Avidemux adalah aplikasi yang juga sering direkomendasikan oleh para ahli kepada para pemula. Aplikasi yang satu ini sangat praktis sehingga mudah digunakan para pemula. Tampilan IU-nya juga sangat memukau membuat kamu seperti pengedit andal.

Avidemux sendiri memiliki fitur dasar seperti menambahkan filter, memotong video, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis format video seperti MPEG, MP4, hingga AVI.

Namun, aplikasi ini hanya dirancang untuk Windows ya, jadi jika kamu menggunakan yang lainnya tidak akan bisa. Aplikasi untuk mengedit video ini bisa digunakan dengan sangat lancar karena ukurannya yang ringan dan juga tampilannya uang sangat sederhana.

13. Adobe Premiere Pro

Adobe menjadi salah satu vendor yang terkenal dengan aplikasi multimedianya yang super profesional. Tak salah jika aplikasi ini sering digunakan oleh para profesional di bidang edit video. Aplikasi Adobe Premiere Pro memiliki alat yang super lengkap.

Oleh karena itu, bagi pemula mungkin akan bingung menggunakan Adobe Premier Pro ini. Bahkan, untuk menggunakannya secara profesional kamu harus mengikuti beberapa pelatihan agar hasil video yang dihasilkan terlihat nyata.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis format video yang membuat siapa saja menjadi terpikat dengannya. Adobe Premiere Pro bisa digunakan oleh pemula namun biasanya hanya digunakan untuk yang sederhana seperti memotong, menggabungkan, dan lainnya.

Untuk membuat video yang digabung dengan animasi atau video unik lainnya perlu pembelajaran yang cukup mendalam. Selain penggunaannya yang cukup jelimet, Adobe Premiere Pro ini juga tidak bisa digunakan secara gratis.

Kamu perlu mendapatkan lisensi dulu untuk menggunakannya. Caranya ya kamu harus beli di situs resminya. Barulah nanti ketika membuka aplikasinya kamu tinggal memasukkan kodenya dan mulai menggunakannya.

14. Pinnacle Studio

Tak hanya itu saja, untuk yang ke-14 ini ada Pinnacle Studio. Aplikasi ini bisa digunakan untuk para pemula hingga profesional karena fitur-nya terbilang cukup lengkap. Aplikasi ini memiliki fitur dasar hingga ada beberapa di dalam aplikasi profesional.

Dengan interface yang sangat sederhana membuat kamu mudah untuk menggunakannya karena mudah dipahami. Kendati demikian. Pinnacle Studio bisa membuat video kamu berkualitas tinggi. Tingginya kualitas tersebut bisa memanjakan mata setiap pemirsa.

15. Wondershare Filmora

Aplikasi yang satu ini memiliki beberapa fitur andalan yang sangat menarik seperti; rendering video yang bisa dilakukan secara real time, kemudian ada banyak efek pro, penyempurnaan suara, penyetelan warna, dan lainnya.

Aplikasi tingkat menengah yang satu ini juga mendukung segala jenis format video seperti; AVI, MPEG, MP4, MOV, MKV, dan masih banyak lagi lainnya.

16. Final Cut Pro

Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk memotong video. Namun, nyatanya tidak hanya itu saja, ada banyak sekali fitur yang ditawarkan sehingga mempermudah untuk membuat video yang berkualitas.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa aplikasi ini eksklusif hanya bisa dinikmati oleh para pengguna MacOS. Jika kamu menggunakan Windows tentu tidak bisa menggunakannya kecuali dengan cara yang curang.

Terkenal sebagai andalan dari MacOS, aplikasi ini sangat andal untuk membuat video kamu menjadi terlihat sangat mulus. Performanya juga luar biasa apalagi didukung dengan perangkat Macbook yang spesifikasinya tinggi.

Tampilan dari aplikasi ini juga sangat memukau dan terlihat super elegan. Oleh karena itu aplikasi ini laris manis bahkan sudah banyak dipasang langsung saat kamu beli Macbook.

17. Machete Lite

Bagi Anda yang masih belajar mengedit video maka Machete Lite ini sangat cocok karena aplikasinya cukup mudah dimengerti. Walaupun terlihat sederhana, fitur yang ditawarkan itu cukup bagus.

Ada fitur untuk menyalin, menempel, memotong, menghapus, mengintegrasikan video satu dengan yang lainnya, mengedit metadata, hingga mengekstraksi. Machete Lite sangat mudah digunakan namun hanya tersedia untuk OS Windows saja.

18. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang masih belajar atau sudah ahli mengedit video. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pemula dalam versi gratisnya. Untuk versi Pro bisa dinikmati oleh para senior.

VideoPad Video Editor dalam versi gratis menyediakan fitur dasar yang cukup lengkap. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya kompatibel untuk dua jenis format video saja. Akan tetapi, untuk versi pro kamu bisa menggunakan lebih banyak format video.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga kaya akan efek transisi yang membuat sambungan klip menjadi terlihat sangat natural. Tak hanya itu saja, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memperlambat hingga mempercepat klip.

Bagaimana dengan hasilnya? Tak usah ditanyakan lagi karena kamu pasti akan puas melihatnya. Bahkan untuk audionya juga sangat jernih sehingga kamu bisa membuat narasi lebih jelas.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi edit video PC yang bisa Anda unduh dan gunakan untuk membuat video makin terlihat kreatif. Tapi ingat, untuk menghasilkan video yang bagus itu perlu belajar dengan giat. Sebagus apa pun aplikasi jika skill kamu kurang maka hasilnya tak akan bagus, begitupun juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *