15 Cara Terbaik Melindungi Website Dari Malware Dan Peretasan Cyber

cpzlab.com – Sobat cpzlab.com kali ini admin akan memberikan informasi mengenai 15 Cara Terbaik Melindungi Website Dari Malware Dan Peretasan Cyber.

Banyak perusahaan yang berjuag untuk melindungi situs web mereka dari ancaman cyber, hacker lebih cepat dan efektif dalam bekerja.

• Lebih dari 360.000 file berbahaya baru terdeteksi setiap hari
• Kerusakan bisnis dengan kejahatan cyber diharapkan untuk mencapai $6 triliun dengan 2021
• Pengeluaran Global pada keamanan cyber mungkin melebihi $ 1 triliun antara 2017 dan 2021

Angka yang mengejutkan ini jelas menunjukkan mengapa organisasi harus membuat keamanan situs web menjadi prioritas utama. Berbagai jenis serangan cyber dan program berbahaya ada.

Sangat penting bahwa setiap departemen memahami risiko berikut: virus dan cacing, program Trojan, packers yang mencurigakan, alat berbahaya, adware, ranchware, penolakan layanan, phishing, Cross-site scripting (SQL injeksi), serangan sandi paksa sandi, dan sesi pembajakan.

Ketika upaya pelanggaran cyber berhasil hal berikut bisa terjadi:

• Situs penunjukan konten yang tidak diinginkan ditempatkan di situs web Anda
• Situs web yang diambil luring (situs Anda mati)

  • Data dicuri dari situs, database, sistem keuangan, dll.
    • Data dienkripsi dan ditahan untuk tebusan (serangan ransomware)
    • Server misuse-relay webmail, untuk melayani berkas ilegal
    • Server salah gunakan – bagian dari penyangkalan serangan layanan
    Server disalahgunakan dulu untuk menambang Bitcoin, dll.

Sementara beberapa serangan yang hadir hanya ancaman kecil seperti sebuah website yang lambat, banyak serangan yang berdampak parah seperti pencurian besar data rahasia atau kegagalan situs web yang tak terbatas karena ransomware.

Baca Juga:

15 Cara Terbaik Melindungi Website Dari Malware Dan Peretasan Cyber

Dengan itu, berikut adalah 15 cara terbaik departemen IT yang harus dimanfaatkan untuk melindungi website Anda dari malware dan peretasan cyber.

  1. Perbaharui perangkat lunak.

Sangat penting bahwa untuk pembaruan sistem operasi Anda, aplikasi umum, anti-malware dan program keamanan situs diperbarui dengan patch dan definisi terbaru. Jika website anda yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, pastikan Anda sebagai tuan rumah dapat reputasi dan terus menggunakan perangkat lunak up-to-date juga.

  1. Melindungi terhadap serangan lintas-situs (XSS).

Hacker dapat mencuri kredensial dan kukiis login dari pengguna ketika mereka memilih-in atau register dengan memperkenalkan JavaScript JavaScript ke dalam pengkodean Anda. Pasang firewall dan perlindungan terhadap suntikan JavaScript aktif ke halaman Anda.

  1. Melindungi terhadap serangan SQL.

Untuk membela melawan hacker yang menyuntikkan kode nakal ke situs Anda, Anda harus selalu menggunakan queries parameterized dan menghindari Standar Transact SQL.

  1. Pemalsuan data ganda.

Lindungi pelanggan Anda dengan membutuhkan baik peramban dan validasi server-side. Sebuah proses validasi ganda akan membantu penyisipan skrip berbahaya melalui ruas formulir yang menerima data.

  1. Jangan ijinkan file upload di situs web.

Beberapa bisnis memerlukan pengguna untuk mengunggah berkas atau gambar ke server mereka. Hal ini menyajikan risiko keamanan yang signifikan sebagai hacker dapat mengunggah konten jahat yang akan membahayakan website anda. Hapus hak akses dapat dieksekusi bagi berkas dan cari cara lain bagi pengguna untuk berbagi informasi dan gambar.

  1. Menjaga firewall yang kuat.

Gunakan firewall dan batasi luar hanya akses ke pelabuhan 80 dan 443.

  1. Menjaga server basis data terpisah.

Pertahankan server terpisah untuk data dan webservermu untuk melindungi aset digitalmu.

  1. Aktifkan protokol soket aman (SSL).

Selalu membeli sertifikat SSL yang akan menjaga lingkungan yang terpercaya. Sertifikat SSL membuat yayasan kepercayaan dengan membuat koneksi aman dan terenkripsi untuk situs web Anda. Ini akan melindungi situsmu dari server palsu.

  1. Membangun kebijakan sandi.

Mengimplementasikan kebijakan sandi yang ketat dan memastikan bahwa mereka diikuti. Mendidik semua pengguna tentang pentingnya password yang kuat. Pada intinya, membutuhkan semua kata sandi memenuhi standar ini:

• Panjang setidaknya 8 karakter
• Setidaknya satu huruf modal, satu angka dan satu karakter khusus
• Jangan gunakan kata-kata yang dapat ditemukan di Kamus
Semakin lama kata sandinya, keamanan website semakin kuat.

  1. Gunakan perkakas keamanan website.

Alat Keamanan Situs sangat penting bagi keamanan internet. Ada banyak pilihan, baik gratis dan dibayar. Selain perangkat lunak, ada juga Software-as-a-Service (SaaS) model yang menawarkan peralatan keamanan situs yang komprehensif.

  1. Buat rencana hack response.

Kadang-kadang sistem keamanan dihindari meskipun upaya terbaik dalam perlindungan. Jika itu terjadi, Anda perlu melaksanakan rencana respon yang termasuk catatan audit, server cadangan dan kontak informasi untuk personil IT Anda.

Baca Juga:

  1. Mengatur sistem log aktivitas backend.

Untuk melacak titik masuk untuk insiden malware, pastikan Anda melacak dan melacak data yang berkaitan, seperti percobaan log masuk, pembaruan halaman, kode perubahan dan pemutakhiran plugin dan pemasangan.

  1. Mempertahankan gagal-aman rencana cadangan.

Data Anda harus didukung secara teratur, tergantung pada seberapa sering diperbarui. Idealnya setiap hari, mingguan dan backup bulanan tersedia.

Membuat rencana pemulihan bencana sesuai untuk jenis bisnis dan ukuran anda. Pastikan Anda menyimpan salinan cadangan Anda secara lokal dan offsite (banyak awan berbasis cloud tersedia) memungkinkan Anda untuk dengan cepat menerima Versi data yang tidak diubah.

  1. Melatih personil Anda.

Sangat penting bahwa semua orang dilatih pada kebijakan dan prosedur perusahaan Anda telah dikembangkan untuk menjaga website dan data Anda aman dan mencegah serangan cyber.

Hanya perlu satu karyawan mengklik pada file berbahaya untuk membuat kesempatan untuk pelanggaran. Pastikan semua orang memahami rencana respon dan memiliki salinan itu yang mudah diakses.

  1. Pastikan mitra dan penjaja aman.

Bisnismu dapat berbagi data dan akses dengan banyak mitra dan vendor. Ini sumber pelanggaran lainnya. Pastikan rekanmu dan vendor ikuti praktek keamanan webmu untuk membantu melindungi website dan data.

Hal ini dapat dilakukan menggunakan proses audit sendiri, atau Anda dapat berlangganan ke perusahaan perangkat lunak keamanan yang menawarkan layanan ini.

Penutup

Jangan menunda-nunda untuk melaksanakan strategi keamanan di atas. Mengamankan situs web Anda dari serangan hacking dan cyber adalah bagian penting untuk menjaga situs web Anda, terimaksih telah berkunjung dalam artikel ini dan semoga bermanfaat.

Gallery for 15 Cara Terbaik Melindungi Website Dari Malware Dan Peretasan Cyber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *